8.25.2020

After Wedding Bergabung dengan Wattpad Paid Stories


Pada lembaran kali ini, saya ingin bercerita. Setelah sekian lama saya melupakan blog ini, akhirnya ada alasan lagi untuk mengisinya. Seperti penulis kesayangan saya yang sering menuliskan mengenai novelnya di blog, maka saya melakukan hal serupa. Bukan mengenai naskah saya yang disetujui oleh penerbit mayor, melainkan mengenai naskah saya After Wedding yang bisa dibaca secara daring di Wattpad, satu bulan lalu mendapatkan tawaran.

Tawaran tersebut berupa pemasangan paywall atau program Wattpad Paid Stories. Iya, saya tahu kalian berharap naskah tersebut berubah bentuk menjadi buku fisik, alih-alih buku digital. Saya adalah orang pertama yang sangat menginginkan hal tersebut, tetapi mau bagaimana lagi, kesempatan tersebut belum datang juga. Maka, saya hanya berkata, mari bersabar.


Mari berdoa yang terbaik.


Wattpad paid stories terbilang baru di Indonesia, padahal Wattpad merupakan aplikasi pelopor untuk membaca dan menulis novel secara daring. Tak hanya di Indonesia, Wattpad juga bisa diakses oleh negara lainnya. Setelah sedikit mengintip daftar wattpad paid stories ada beberapa cerita dengan bahasa Inggris, Spanyol, Filipin, dan Indonesia. Sehingga, tinggi kemungkinan naskah saya akan dibaca oleh orang dari negara lain, kalau mereka memang bisa berbahasa Indonesia.



Sebelumnya, naskah After Wedding – yang ketika itu masih sekitar 2M pembaca – menerima tawaran dari salah satu aplikasi, untuk memindahkan ke sana. Imbalan yang akan saya dapatkan yakni berupa uang 350$ dan ketika ada orang membaca cerita saya tersebut, saya akan mendapatkan penghasilan lagi. 


Namun, ada alasan yang membuat saya menolak tawaran tersebut, meskipun imbalan yang diberikan sangat menggiurkan. Banyak faktor yang membuat saya berpikir ulang untuk mengiyakan tawaran tersebut, sampai akhirnya saya menolaknya. Lalu, sebulan yang lalu saya mendapatkan tawaran dari Wattpad mengenai program paid stories.


Seperti tawaran sebelumnya, dari Wattpad pun saya memikirkannya secara serius. Mengenai kontrak kerja sama, jangka waktu serta imbalan yang akan saya dapatkan. Seminggu kemudian, saya baru mengiyakan tawaran tersebut. 


Wattpad paid stories merupakan program dari Wattpad untuk mendukung penulis di Wattpad. Sehingga, nantinya ketika kalian membaca After Wedding harus membayarnya dengan koin. Dengan begitu, karya penulis lebih dihargai lagi. 


After Wedding akan bergabung dengan Wattpad Paid Stories mulai hari ini 26 Agustus 2020. Saya berharap ini adalah keputusan terbaik, sebelum ada penerbit mayor yang meminangnya menjadi buku fisik. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar :)